Dinas P dan K Wonogiri Dongkrak Kompetensi PTK PAUD  Melalui Bimtek IKM Berkualitas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kompetensi PTK PAUD,19 dan 20 Juni 2023 di Aula Gedung B. Tujuan dari kegiatan ini adalah menunjang kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), serta terpenuhinya standar minimal kompetensi pada materi Konvensi Hak Anak. Bimtek diikuti 82 peserta dari perwakilan guru melalui unsur Kelompok Kerja Guru (KKG) PAUD, Kelompok Kerja Penilik dan Kelompok Kerja Pengawas TK di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Hari pertama materi Konvensi Hak Anak disampaikan oleh Yuli Sulistyanto dari Yayasan Setara, narasumber yang disediakan oleh Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Wonogiri. Narasumber menyampaikan prinsip hak anak sesuai Konvensi Hak Anak PBB tahun 1989, dilanjutkan diskusi dalam praktik penyusunan identifikasi masalah dan solusi  perlindungan anak di Kabupaten Wonogiri.

Hari kedua materi Transisi PAUD-SD dan Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Sosial Emosional oleh Ririn Kurniasih, Kepala TK Pertiwi Sedayu 1 Pracimantoro. Ririn menyampaikan, bahwa Transisi PAUD-SD merupakan kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi episode ke-24. Program Transisi PAUD-SD dapat dilakukan melalui penyiapan peserta didik PAUD usia 5-6 tahun. Penyiapan peserta didik tentu dengan menguatkan enam pondasi antara lain Agama dan Budi Pekerti, Kematangan Emosi, Keterampilan Sosial dan Bahasa, Pemaknaan Belajar yang Positif, Keterampilan Motorik dan Perawatan Diri, juga Kognitif. Penguatan diharapkan disampaikan dengan cara menyenangkan sesuai usia peserta didik PAUD. Pada kegiatan ini disampaikan juga mengenai kegiatan orientasi peserta didik baru; yakni masa pengenalan lingkungan sekolah selama dua minggu untuk mengenalkan lingkungan sekitar seperti sarana prasarana, guru, peserta didik kelas atas, selanjutnya dapat  dilakukan asesmen awal oleh guru guna persiapan kegiatan pembelajaran.

Materi selanjutnya Penyusunan Modul Ajar PAUD dan Berbagi Praktik Baik P5 oleh Soeharmani, Kepala TK Negeri Pembina Girimarto. Narasumber menyampaikan teori dan praktik baik pelaksanaan P5 dengan judul “Serumbel Idamanku” akronim dari Sekolahku Rumah Belajar Idamanku. Setelah materi disampaikan dilanjutkan diskusi dan praktik secara interaktif untuk menyusun Modul Ajar.

Selepas kegiatan Bimtek, diharapkan semua peserta dapat mengimbaskan kepada PTK lain melalui wadah KKG TK/KB di komunitas kecamatan didampingi Penilik dan Pengawas TK, guna persiapan melaksanakan pembelajaran di tahun ajaran baru 2023/2024 sesuai Kurikulum Merdeka.

 

Unduh materi bimtek klik disini