Dinas P dan K Semangat Peringati Acara Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Pagi yang cerah ceria di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengawali semangat di hari Jumat yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, (28/10). Upacara Pengibaran Sang Merah Putih sebagai bentuk dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Inspektur upacara oleh Heri Rustiati selaku Sekretaris Dinas P dan K dan Pemimpin upacara oleh Paryatno selaku staf Perencanaan Dinas P dan K. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27—28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Setelah pembacaan teks Pancasila dan teks Pembukaan UUD 1945, kemudian pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Tujuan dibacakan ikrar dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda, untuk memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh kesatuan Indonesia bagi pemuda pemudi Indonesia masa kini, khususnya seluruh pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Wonogiri. sesuai dengan tema Sumpah Pemuda tahun ini yaitu Bersatu Bangun Bangsa. Harapannya mengingatkan pemuda-pemudi Indonesia untuk senantiasa membawa bangsanya ke arah yang lebih baik. (T2)