Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri Gelar Coaching Clinic PGP Angkatan 7

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggelar coaching clinic PGP angkatan 7 secara luring pada Jumat (1/4/2022) dimulai pukul 08.00 s.d 11.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberi semangat kepada kandidat Calon Guru Penggerak (CGP) agar lolos seleksi tahap 1 Program Guru Penggerak (PGP). Peserta adalah guru dari jenjang TK, SD, SMP yang nanti akan didampingi oleh 20 Pengajar Paraktik (PP) dan 10 CGP angkatan 4.

Pembukaan dilaksanakan bersama-sama di Aula Gedung B, oleh Kepala Bidang PTK, Tarmo. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti sekaligus membuka kegiatan. Kadinas P dan K memberikan dukungan kepada para kandidat CGP agar tetap semangat dan berusaha sebaik mungkin untuk lolos tahap 1 seleksi PGP.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan acara inti yaitu materi coaching clinic. Sebelum dimulai, peserta dibagi sesuai dengan jenjangnya dan tempat pelaksanaan terpisah. Untuk peserta dari guru SD berjumlah 75 orang ditempatkan di Aula Gedung B, sedangkan untuk guru dari jenjang TK dan SMP berjumlah 75 orang  ditempatkan di Gedung SKB Kabupaten Wonogiri yang letaknya tidak jauh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Peserta sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini.

Coacing clinic di Aula Gedung B dimulai dengan dua overview, pertama disampaikan oleh PP angkatan 4 Suyanto, yang merupakan Kepala SD Negeri 2 Sambirejo. Beliau memberikan informasi terkait PGP secara lengkap. Overview kedua oleh CGP angatan 4 Amilu Aviliyanto dari SD Negeri 3 Giriwoyo, yang menyampaikan testimoni dan trik-trik agar lolos tahap 1 PGP.  Setelah overview, peserta dibagi menjadi 15 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 peserta yang didampingi 1 PP atau 1 CGP. Untuk mencairkan suasana, Sri Suparni PP angkatan 4 yang juga Kepala SD Negeri 1 Sempukkerep mengajak peserta melakukan ice breaking. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan oleh PP dan CGP tentang cara mengisi curriculum vitae dan mengisi esai pada SIM PKB. Target dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, peserta yang hadir sampai pada tahap submit.

Kegiatan berjalan lancar dan banyak peserta yang termotivasi untuk mendaftar PGP. Dinas Pendidikan dan Kebuyaan Kabupaten Wonogiri akan terus memberikan pendampingan agar kuota CGP khususnya di Kabupaten Wonogiri dapat terpenuhi. Dukungan yang luar biasa ini hendaknya dapat dimanfaatkan para kandidat CGP untuk lebih bersemangat dan sungguh-sungguh mengikuti seleksi tahap 1 PGP. Pada akhir kegiatan Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, kembali memberikan motivasi dan informasi, bahwa STTPL Guru Penggerak dapat digunakan untuk mendaftar sebagai kepala sekolah, pengawas, fasilitator dan asesor. Tentu kesempatan ini jangan sampai disia-siakan. Harapan beliau, para guru di Kabupaten Wonogiri baik yang PNS maupun Non-PNS semangat untuk ikut seleksi PGP dan bergerak memajukan pendidikan di Kabupaten Wonogiri.