Dinas P dan K Gelar Rakor Optimalisasi Office 365

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melaksanakan Rakor dengan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran, Selasa (14/07/2020). Rakor ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., Kepala Bidang PTK Retno Puspitorini, S.H., M.Hum., Kepala Bidang Dikdas Gino, S.Pd., S.I.P., M.Pd. Banu Darusalam, Kasi PTK PAUD dan PNF, Bertindak sebagai pembawa acara sekaligus moderator kegiatan ini.

Dalam menghadapi situasi pendemi covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri telah menyelenggarakan kegiatan untuk menyiasati pembelajaran jarak jauh tahun ajaran baru 2020/2021. Beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan adalah Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dan Webinar Office 365.

Rakor ini membahas tentang evaluasi program-program yang telah dilaksanakan yaitu pelatihan video pembelajaran dan webinar microsoft office 365. Ketua panitia pelatihan video pembelajaran  adalah Witono, S.Pd., guru SMP N 1 Purwantoro. Witono bahwa pelaksanaan  pelatihan video pembelajaran berjalan secara daring dan luring dengan peserta sebanyak 358 dibagi dalam tiga gelombang, masing-masing gelombang melaksanakan pelatihan secara video confference sebanyak empat kali. Pelatihan video pembelajaran dengan narasumber Fajar Prihartanto guru SMP N 1 Baturetno ini mentargetkan guru dapat mengaplikasikanya dalam pembelajaran dengan durasi video 3-5 menit. Pelatihan ini masih berjalan dan peserta wajib mengirimkan video pembelajaran sampai dengan tanggal 25 Juli 2020.

Webinar office 365 dilaksanakan tanggal 15 Juni 2020 sampai dengan tanggal 10 Juli 2020 yang dimulai dari pendataan peserta sampai dengan diseminasi TOT guru inovatif. Menurut Agus Dwianto, M.Pd, guru SMP N 1 Baturetno sekaligus Ketua Bidang Website dan Master Trainer microsoft office 365, pembuatan akun office 365 untuk pengawas, kepala sekolah dan guru sukses dilaksanakan secara serentak di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri dengan pembagian kelas 1 kelas khusus pengawas dan 25 kelas untuk guru dan kepala sekolah.

 

Agus Dwianto menambahkan bahwa pelaksanaan Webinar office 365 sukses diselenggarakan bekerja sama dengan Microsoft Inovator Educator Expert (MIEE), 3 Master  Trainer dan 25 Trainer yang semuanya merupakan guru Wonogiri yang telah mengikuti TOT. Target pelaksanaan webinar microsoft office 365 adalah aktivasi akun dan membuat meeting untuk pembelajaran jarak jauh.  Dari 1707 peserta webinar office 365 persentase keberhasilan peserta dalam pembuatan akun sebesar 98%  sedangkan dalam pembuatan meeting sebesar 85%.

Rakor ini juga membahas tentang aplikasi e-kurikulum yang disampaikan oleh Budi Prayitno, S.Pd., M.Pd., guru SD N 1 Giriharjo Puhpelem sekaligus juga aktif di Bidang Aplikasi Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan lembaga dalam pengiriman data dokumen 1,2 dan 3 ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Kabid Dikdas Bapak Gino., S.Pd, S.I.P, M. Pd., dalam sambutannya merespon baik e-kurikulum ini, akan tetapi pengawas nantinya perlu memverifikasi melalui cap basah atau barcode. Untuk tindak lanjutnya Bapak Gino menambahkan perlu adanya simulasi ke kepala sekolah dalam Bimtek kecil.

Timeline untuk optimalisasi microsoft office 365 di mulai bulan Juli ini sampai dengan bulan Agustus dengan agenda sosialisasi dan simulasi model akun 365, implementasi di sekolah, monitoring dan evaluasi, penyiapan dan pengembangan. Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., mengatakan bahwa perlu untuk menunjuk beberapa sekolah untuk dijadikan sampel, untuk sekolah SMP sebanyak 6 sekolah Negeri, SD 4 sebanyak 4 sekolah Negeri dan 1 sekolah PAUD (TK Negeri). Rakor ini juga dilaksanakan secara video conference dengan BPTIK Jateng yang diwakili oleh Sigid Hariadi.