Dies Natalis SMPN 1 Sidoharjo, Tetap Produktif di Masa Pandemi

SMP Negeri 1 Sidoharjo di tahun 2020 ini genap berusia 40 tahun. Usia yang produktif dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa sesuai tujuan pendidikan yang termaktub dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Dalam masa pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk hingga saat ini, peringatan dilaksanakan secara sederhana dengan konsep daring dan mengusung tema “Berkreasi di Masa Pandemi”. Walaupun secara daring tetapi tidak mengurangi esensi dalam peringatan tersebut.  Sebelum dilaksanakan acara puncak pada tanggal 25 Oktober 2020,  OSIS telah menyusun program untuk mencari siswa berprestasi di bidang nonakademik.

Kegiatan Dies Natalis diawali dengan berbagai lomba, yaitu Cipta dan Baca Puisi, Nembang Macapat, Fotografi, Video Kreatif Covid-19, dan membuat Hasta Karya. Semua cabang lomba dilaksanakan secara daring. Acara puncak rencananya dilaksanakan secara daring pada tanggal 25 Oktober 2020 sesuai waktu peringatan, namun karena satu dan lain hal acara puncak dilaksanakan pada hari Senin, 26 Oktober 2020. Dalam acara tersebut diawali dengan untaian kata mengenai ESPENSASI di masa pandemi oleh moderator. Moderator mengajak di masa pandemi ini tetap waspada dan mematuhi aturan protokol kesehatan.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari ketua OSIS, M. Fachrezy menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun yang ke-40 dan berharap di usia ke-40 SMP Negeri 1 Sidoharjo lebih sukses, lebih maju, dan dapat mewujudkan siswa-siswi yang berprestasi, berbudaya tinggi, dan berakhlak mulia. Fachrezy mengatakan, “ Tetap semangat, terus belajar giat, dan berkarya walaupun di masa sulit.”  Ketua OSIS juga mengajak berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berakhir dan dapat melaksanakan aktivitas dan kegiatan secara normal kembali, serta berharap agar semua warga sekolah selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Acara berikutnya adalah sambutan Kepala SMP Negeri 1 Sidoharjo, Ibu Tri Pujiastuti. Dalam sambutannya beliau mengajak semua warga sekolah untuk mentaati protokol kesehatan dengan selalu rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, tetap berada di rumah kalau tidak ada kegiatan yang amat penting dan mendesak. Lebih jauh beliau berpesan, “Anak-anakku tetap semangat belajar walaupun dalam masa pandemi Covid-19.”. “ Tetap berkarya walaupun di masa sulit”, “Selamat Ulang Tahun ke-40 untuk SMP Negeri 1 Sidoharjo semoga tetap mencetak generasi yang berprestasi, berbudaya tinggi, dan berakhlak mulia sesuai dengan visi misi SMP Negeri 1 Sidoharjo, agar dapat mencetak generasi yang berkarakter. Karena di masa pandemi ini karakter  agak sulit untuk diterapkan salah satunya melalui home visit. Meskipun tantangan pembelajaran daring lebih berat, namun perlu dimodifikasi dan diperkaya konten pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan pemanfaatan Office 365 yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, SMP Negeri 1 Sidoharjo tetapmelenggang walaupun di masa pandemi Covid-19. Dikatakan kepala sekolah, di masa sulit ini, SMP Negeri 1 Sidoharjo  juga terus berupaya agar kehidupan pembelajaran  tetap dapat menghasilkan lulusan, cendekia, dan karya-karya inovasi terbaik untuk bangsa. Walaupun kegiatan akademik sebagian besar masih dilakukan secara daring dan pertemuan fisik masih terbatas pada kegiatan administrasi dengan mengikuti protokol kesehatan, namun seluruh civitas academika SMP Negeri 1 Sidoharjo tidak akan berpangku tangan. Semua jajaran di SMP Negeri 1 Sidoharjo  terus berikhtiar dan mendukung upaya pemerintah dengan menjalankan tugas yang diamanahkan oleh bangsa dan pemerintah di bidang pendidikan. Salah satu dukungan SMP Negeri 1 Sidoharjo terhadap kebijakan pemerintah adalah dengan menerapkan Merdeka Belajar.

Selanjutnya acara pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada bapak guru yang mendekati masa purna tugas yaitu Bapak Subagyo. Acara dilanjutkan dengan penyerahan hasta karya. Hasta karya ini merupakan lomba perwakilan masing-masing kelas dipersembahkan untuk SMP Negeri 1 Sidoharjo tercinta ini. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film pendek berjudul”TELAT”. Film tersebut merupakan kreasi siswa dalam rangka mengikuti lomba pembuatan film pendek yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Aan Frizky. Espensasi JAYA……Maju…..tetap di Garda terdepan lawan Corona  menuju Wonogiri Sukses.