Di Penghujung Tahun, MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Tetap Selenggarakan Kegiatan

Di akhir tahun ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kabupaten Wonogiri tetap menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, yaitu Kegiatan Diklat Fungsional Guru dengan tema Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Kegiatan ini diselenggarakan dengan moda daring In-On-In, yaitu In Service 1, On Service 1, In Service 2, On Service 2 dan In Service 3. Di pertemuan  In Service 2 (Sabtu, 30 Oktober 2021) ini diikuti oleh 85 guru IPA SMP/MTs Negeri maupun Swasta di Kabupaten Wonogiri. Host kegiatan membuka meeting room Microsoft Teams mulai pukul 09.30 WIB kemudian menyapa peserta diklat dari lima subrayon sampai pada pukul 10.00 WIB, selanjutnya acara dipandu oleh Assani Nugroho guru IPA SMP Negeri 1 Giritontro sebagai moderator. Beliau mengawali acara dengan pembukaan kemudian dilanjutkan acara mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza.

Sri Hartono selaku Wakil Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri menyampaikan laporan sekaligus sambutan panitia. Guru IPA SMP Negeri 1 Selogiri ini menyampaikan bahwa narasumber pada kegiatan diklat Pengembangan Media Pembelajaran ini baik narasumber dari In Service 1 (Agus Dwianto), In Service 2 (Pudi Sri Maryatmo), dan In Service 3 (Marseno Aji) adalah narasumber hebat yang mempunyai segudang prestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional, yang merupakan guru IPA SMP di Kabupaten Wonogiri sehingga panitia tidak perlu mencari narasumber dari luar. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada peserta kegiatan yang telah menyempatkan mengikuti kegiatan diklat sampai selesai dan menghasilkan produk di tengah berbagai macam kesibukannya sebagai seorang guru. Beliau melaporkan bahwa pada kegiatan diklat ini panitia sudah menyiapkan dengan baik yakni ada pendamping narasumber di setiap subrayon, agar kualitas produk yang dihasilkan oleh peserta betul-betul bisa dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran.

Pada kesempatan ini beliau menyampaikan pesan dari Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri yang kebetulan tidak bisa menghadiri acara ini. Pesan yang pertama yaitu Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti Kegiatan Kolektif Guru 5 Paket yang sampai saat ini sudah sampai tahap pembuatan E-Sertifikat. Yang kedua, Menurut filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Setiap anak dididik menurut kodrat alam dan zaman. Kita berada di era 4.0 menuju 5.0, hidup pada zaman teknologi yang maju, jadi anak harus dididik sesuai dengan zamannya, agar tidak tergilas oleh perubahan zaman. Yang terakhir beliau menyampaikan pesan agar peserta diklat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir sehingga menghasilkan produk yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di kelas, untuk pembuatan karya inovatif, dan untuk khasanah literasi bagi guru lain.

Pudi Sri Maryatmo guru IPA SMP Negeri 1 Ngadirojo yang juga Tim Kreatif  Subrayon 01 Wonogiri sebagai narasumber mengawali kegiatan inti dengan memberikan apresiasi kepada peserta kegiatan yang masih bersemangat mengikuti diklat di tengah-tengah kesibukan masing-masing. Kemudian beliau memaparkan materi pengembangan media pembelajaran berbasis TIK,  yaitu pembuatan Media Pembelajaran Google Sites, mulai dari materi manajemen folder di laptop dan drive, rancang bangun media pembelajaran, cara memperpendek URL, cara memasukkan gambar, logo, favicon, menuliskan judul, memasukkan icon (tombol) sampai publish. Selama kegiatan inti peserta sangat antusias memperhatikan pemaparan dari narasumber dan proaktif dalam menyampaikan pendapat dan berdiskusi. Kegiatan inti diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Di penghujung kegiatan Assani Nugroho selaku moderator menyimpulkan bahwa rancang bangun dan manajemen folder harus disiapkan sebelum pembuatan media Google Sites, setelah tahap demi tahap selesai kemudian dipublish maka media pembelajaran Google Sites siap digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan ditutup tepat pukul 12.30 WIB kemudian acara diserahkan kepada Host.