Coaching Clinic Guru Penggerak Diminati Guru SD dan TK  Pracimantoro

Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan coaching clinic kandidat Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Kamis, 31/3/2022). Diikuti oleh perwakilan satu guru dari jenjang TK dan SD yang sudah mendaftar Program Guru Penggerak (PGP). Kegiatan ini dihadiri oleh Korwilcam Biddik Kecamatan Pracimantoro  Sri Gunanti. Pengawas Korwil Pracimantoro Sutrisno, Ketua KKKS Suyanto serta Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Winarni.

Kegiatan kali ini dimulai pukul 07.15 dan yang bertugas sebagai host adalah Sarwati, Kepala SD Negeri 2 Lebak. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh Rini Rahayu Kepala SD Negeri 1 Jimbar. Sambutan yang pertama oleh Korwilcam Biddik Kecamatan Pracimantoro Sri Gunanti. Beliau mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada semua yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar guru baik SD maupun TK mendaftar PGP, karena merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme, kinerja dan pengembangan karier guru. Selain meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Sambutan selanjutnya oleh Pengawas Korwil Pracimantoro, Sutrisno yang mengimbau kepada peserta yang hadir bahwa melalui PGP, Kemdikbud memberikan kesempatan kepada para guru untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia melalui pendaftaran PGP. Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah kompetensi guru agar menjadi profesional dan bermutu sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik.

Winarni (CGP angkatan 4) selaku narasumber menyampaikan materi bahwa PGP adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem  pendidikan yang mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Adapun peran guru penggerak adalah menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan wilayahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong wel-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Narasumber juga menyampaikan bahwa pendaftaran Program Guru Penggerak dapat melalui SIM PKB. Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan jelas oleh narasumber sehingga dapat dipahami. Narasumber memberikan closing statement dengan jargon Program Guru Penggerak “Guru Bergerak, Indonesia Maju”.