Bupati Wonogiri Raih Penghargaan dari BBGP Jawa Tengah

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah mengadakan rangkaian kegiatan dengan topik “Bakti Insan Pendidikan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 6-7 Desember di kantor BBGP Provinsi Jawa Tengah. Puncak kegiatan adalah Pameran Pendidikan Gelar Karya Program Prioritas dalam rangka Hari Guru Nasional tahun 2022 berupa kegiatan seminar pendidikan, penyerahan pemenang apresiasi Insan Pendidikan, apresiasi Dukungan Pemerintah Daerah terhadap Pengembangan dan Pemberdayaan Lulusan Program PGP, dan Pameran Pendidikan oleh sekolah penggerak angkatan 1 dan 2 di Provinsi Jawa Tengah.

Bupati Wonogiri, dalam hal ini diwakili oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, F.X. Pranata menghadiri acara tersebut bersama perwakilan Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak angkatan 4 dari Kabupaten Wonogiri. Selain itu hadir juga dua wakil dari kabupaten lain yakni Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap. Ketiga kabupaten tersebut memperoleh penghargaan yaitu Dukungan Pemerintah Daerah terhadap Pengembangan dan Pemberdayaan Lulusan Program Pendidikan Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah tahun 2022.              Bupati Wonogiri berhak mendapat penghargaan ini karena telah mendukung dan memberdayakan lulusan dari Program Pendidikan Guru Penggerak. Terbukti salah satunya adalah dengan mengangkat guru penggerak menjadi kepala sekolah di Kabupaten Wonogiri. Tentu hal ini sesuai dengan yang diamanatkan pada Permendikbudristek nomor 40 tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, pemerintah menegaskan bahwa jalur kepemimpinan Pendidikan adalah dari jalur guru penggerak.

F.X. Pranata mengungkapkan bahwa pada pelantikan kepala sekolah periode Oktober lalu, baik dari jenjang SD maupun SMP telah mengambil beberapa dari Calon Guru Penggerak untuk mengisi kekosongan kepala sekolah. “Kami percaya bahwa Pendidikan Guru Penggerak ini telah menempa dan mematangkan mereka untuk menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan. Bupati Wonogiri juga sangat mendukung dan mengapresiasi serta percaya bahwa produk dari Program Pendidikan Guru Penggerak ini memang sudah teruji dan berkualitas,” ujarnya. Besar harapan Dunia Pendidikan di Kabupaten Wonogiri ke depan semakin maju dan berkualitas dengan torehan dari insan Pendidikan produk Program Guru Penggerak.