Bunda PAUD Hebat Terlibat dan Bermanfaat Sukses Selenggarakan Bintek Penguatan Bunda PAUD

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri memfasilitasi terselenggaranya Bimbingan Teknis Penguatan Pokja Bunda PAUD (Selasa, 21/09/2021). Kegiatan Bintek Penguatan Pokja Bunda PAUD ini diikuti oleh Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa/Kelurahan serta Kelompok Kerja Bunda PAUD Kabupaten yang terdiri dari unsur OPD Kepala bidang Pemkesra Bappeda dan Litbang Kab. Wonogiri, Kepala bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas PPKBP3A Kab. Wonogiri, Kepala bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Wonogiri, Kepala Bidang   Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri dan Kepala seksi Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Dinas PMD Kab. Wonogiri, Organisasi Mitra PAUD dan juga Organisasi Profesi. Kegiatan Bintek ini diselenggarakan secara virtual melalui kanal zoom meeting dengan jumlah peserta bintek 160 orang.

Acara Bintek Penguatan Pokja Bunda PAUD ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti. Sebelumnya Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yatto menyampaikan laporan kegiatan. Pada Acara Inti Bintek Penguatan Pokja Bunda PAUD dengan materi Peran Bunda  PAUD dalam meningkatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang disampaikan oleh Verawati Joko Sutopo. Beliau menyampaikan bahwa Bunda Paud Harus Hebat, Terlibat dan Bermanfaat.

Narasumber kedua Bintek Penguatan adalah Sri Maryani Pengawas TK Kec. Wonogiri, Kec. Purwantoro dan Kec. Kismantoro sekaligus juga sebagai Master Trainer PPAUD menyampaikan tentang PAUD kesmpatan yang tidak Kembali dan apa yang kita tuju, Strategi meningkatkan akses SPM 1 Desa 1 PAUD dan PAUD Berkualitas Beliau menyampaikan PAUD berkualitas tidak harus mempunyai Gedung yang mewah akan tetapi paud berkualitas adalah PAUD yang aman, nyaman, mampu memfasilitasi anak berkembang secara utuh, dilihat dari kualitas proses pembelajaran dan kualitas pengelolaan satuan. PAUD berkualitas dilihat dari kualitas layanananya bukan hanya dilihat dari sarana prasarananya dan kelengkapan fasilitasnya.

Surati sebagai narasumber yang ketiga menyampaikan materi tentang Kemitraan PAUD dan Orangtua, Ekosistem PAUD, Membangun Kemitraan dan Advokasi, dan Program Kerja  Bunda PAUD. Kegiatan Bintek Penguatan Pokja Bunda PAUD merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu Rapat Koordinasi Bunda Paud yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021. Sedangkan untuk kegiatan bunda paud selanjutnya adalah pendampingan dan kunjungn lapangan ke Lembaga PAUD Holistik Integrative dan rapat evaluasi dan penyusunan laporan. Dengan adanya kegiatan Kegiatan Bintek Penguatan Pokja Bunda PAUD diharapkan dapat menambah semangat Go Nyawiji Bangun Wonogiri menuju Wonogiri Sukses.