TK Kalimosodo Giriwoyo Luncurkan Inovasi Gema Inari

TK Kalimosodo Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri yang dipimpin oleh Surati meluncurkan “GEMA INARI (GErakan MenAbung KoIN tiAp haRI)” sebagai inovasi dalam gerakan menabung untuk anak usia dini, yang unik, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan Gema Inari dilaksanakan sejak bulan April 2019 serentak untuk anak didik TK kalimosodo yang berjumlah 90 anak.

Cara pengaplikasiannya adalah anak membawa botol minuman bekas, yang sudah diberi lubang dan diberi identitas atau diberi tanda khusus agar anak mudah saat mencari botol miliknya. Semua botol anak didik perkelas ditempatkan dalam satu keranjang tersendiri agar lebih mudah  anak mencari botol miliknya, juga mempermudah guru dalam mengawasi. Setiap hari walimurid memberikan uang koin kepada putra-putrinya sebesar Rp. 500.- untuk menabung dalam botol dan Rp. 1.500,- untuk membeli makanan sehat di kantin jujur yang diadakan oleh sekolah. Setiap datang di sekolah sejak pukul 07.00 sudah disambut oleh guru piket di depan pintu gerbang sekolah. Anak mencari botol miliknya dan memasukkan koin yang anak didik bawa dari rumah kedalam botol miliknya. Khusus di hari jumat, anak didik memasukan uang koin ke dalam kotak infaq.

Begitu kegiatan gerakan menabung koin tiap hari yang dilaksanakan oleh TK Kalimosodo. Kegiatan Gema Inari diharapkan, selain dilaksanakan di sekolah, juga dilaksanakan di rumah.

Gema Inari memberikan banyak manfaat, yaitu mengenalkan anak menabung. sikap mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tanggung jawab dan belajar memenuhi kebutuhannya sendiri di kemudian hari. Memberi pemahaman pada anak mengenai menabung juga membuat anak lebih mudah menyadari kerja keras yang dilakukan  orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian, anak akan makin menghargai orang tua juga meningkatkan keterikatan antara orang tua dan buah hati.