Terus Berinovasi, SMPN 1 Baturetno Luncurkan E-Kurik Spensaba

SMP Negeri 1 Baturetno tidak kenal lelah dalam berinovasi. Kali ini, SMP Negeri 1 Baturetno meluncurkan inovasi E-Kurik Spensaba atau E-Kurikulum SMP Negeri 1 Baturetno. Inovasi ini diluncurkan sejak Juli 2022 guna menjawab tantangan efisiensi kerja urusan kurikulum.

Wakil Kepala Sekolah Urusan kurikulum, M.F. Alfatah, menjelaskan bahwa kerja urusan diawali dengan perencanaan dokumen induk kurikulum yang sering disebut Dokumen I. Selain itu, menurut Fatah, bersama para guru, Urusan Kurikulum juga bertugas menyiapkan Dokumen II berupa Silabus atau Alur Tujuan Pelajaran, dan Dokumen III berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar. “Dokumen-dokumen ini harus tersedia di setiap awal tahun pelajaran karena menjadi pijakan berlangsungnya pembelajaran pada satuan pendidikan,” jelas Fatah.

Agus Dwianto, Pembantu WKS Urusan Kurikulum, menambahkan bahwa Urusan Kurikulum juga harus mengawal proses maupun evaluasi pembelajaran di satuan pendidikan. Menurut Agus, evaluasi pembelajaran ini meliputi Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), maupun Penilaian Akhir Semester (PAS). “Berbagai dokumen ini dikelola di bawah tanggung jawab Urusan Kurikulum,” imbuh Agus.

Agus menambahkan, dokumen kurikulum maupun dokumen evaluasi pembelajaran harus tersimpan dan terarsip secara rapi. Selama ini, dokumen masih berupa cetak, sehingga menimbulkan ketidakefisien anggaran maupun tata kerja penyiapannya. “Kondisi ini menuntut solusi agar dokumen kurikulum dan evaluasi terwadahi dengan rapi, terkumpul secara mudah, sekaligus efisien dalam anggaran maupun tata kerja penyiapannya,” jelas Agus.

Beberapa alternatif solusi yang dapat diambil adalah mencetak dokumen secara terbatas, mengumpulkan dokumen berupa file tanpa mencetak, dan menyiapkan sistem e-Kurikulum untuk menyimpan dokumen serta memudahkan pengumpulannya. Inovasi mutlak diperlukan agar terjadi efisiensi kerja dan anggaran.

Kepala SMP Negeri 1 Baturetno, Siti Safuroh, menjelaskan bahwa inovasi yang dilakukan adalah meluncurkan E-Kurik Spensaba atau E-Kurikulum SMP Negeri 1 Baturetno. Safuroh menyatakan bahwa inovasi berbasis website dan penyimpanan cloud di OneDrive ini dirancang untuk efisiensi kerja dan anggaran. “Dengan inovasi ini, dokumen kurikulum lebih mudah dikumpulkan. Setiap guru bisa mengunggah melalui sistem digital yang disiapkan. Selain itu, dokumen kurikulum akan terarsip dan tersimpan dengan rapi setiap tahunnya, serta bisa diakses bersama karena menggunakan penyimpanan cloud, pungkas Safuroh.