TARBOTI: Alat Bantu Pembelajaran dari Sisa Kayu Bangunan

Guru Penjasorkes dari SD Negeri 3 Ketos Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri, Lilik Prihatmoko lolos sebagai pemakalah dalam Seminar Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Lilik Prihatmoko lolos dalam Seminar Nasional setelah mengembangkan konsep alat bantu pembelajaran yang disebut Pelontar Bola Kasti atau disingkat TARBOTI . Ide ini bermula dari sulitnya siswa memukul bola kasti yang dilemparkan oleh teman. Walaupun siswa pemukul sudah memberi isyarat tinggi rendahnya bola, akan tetapi masih ada lagi kendala yang dihadapi yaitu timing dalam menentukan tepatnya bola saat mengenai alat pemukul.

Dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran guna mencapai hasil yang maksimal guru harus mampu menggugah peserta didik untuk selalu terlibat aktif dan tidak merasa dipaksa untuk beraktifitas dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan. Upaya tersebut tidak lepas dari kreatifitas guru memodifikasi media pembelajaran, sehingga kesulitan siswa baik dalam hal alat bantu dan perlengkapan dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa, keadaan lingkungan sekolah, serta cara evaluasi yang diberikan pendidik. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru atau memodifikasi yang sudah ada untuk disajikan dengan cara yang lebih menarik sehingga anak didik merasa senang mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Dikembangkannya media pembelajaran dalam permainan bola kasti ini bertujuan untuk melatih siswa dalam membiasakan memukul bola kasti dengan intensitas sesering mungkin sehingga bola yang dilempar baik dengan kecepatan serta tinggi rendah bola akan mudah dikuasai. Dalam melempar bola diperlukan pelempar yang benar-benar mempunyai gerak motorik yang baik, tetapi tidak semua siswa dapat menguasai hal tersebut. Permasalahan yang sering timbul dalam memukul adalah kombinasi kecepatan serta tinggi rendah bola dari pelempar yang membuat pemukul kadang merasa jengkel.

Laporan Karya Lengkap:  [klik di sini]