SMPN 2 Girimarto Lakukan Inovasi INTIKELAS PETERSI

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia disambut SMP Negeri 2 Girimarto dengan meluncurkan inovasi. INTIKELAS PETERSI (internet tingkatkan kemampuan literasi dan pembelajaran terpusat pada siswa) merupakan inovasi pembelajaran yang dilakukan SMP Negeri 2 Girimarto. Inovasi ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan literasi dan menciptakan pembelajaran terpusat pada siswa.

Menurut inovator INTIKELAS PETERSI, Sukatno, inovasi ini menggunakan fasilitas kekinian berupa internet. Sukatno menjelaskan, pemanfaatan internet dalam pembelajaran akan mendorong siswa semakin menjadi aktif, kreatif, dan berani menyampaikan pendapatnya.

“Selain itu, pembelajaran dengan memanfaatkan internet akan membuka cakrawala berpikir dan meningkatkan kemampuan literasi. Siswa juga dapat menggunakan internet dengan bijak,” imbuh Sukatno.

Kepala SMP Negeri 2 Girimarto, Agus Dwianto, menyatakan bahwa inovasi ini meningkatkan kesadaran para guru mengenai pembelajaran yang berpusat pada siswa. Agus menambahkan, guru bukan merupakan sumber belajar satu-satunya, siswa harus difasilitasi belajar dari berbagai sumber.

“Pembelajaran berpusat pada siswa dapat terwujud dengan inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan jaringan internet. Pembelajaran dengan menggunakan internet ini dapat menambah keanekaragaman pengalaman belajar,” imbuh Agus.

Inovasi yang diluncurkan SMP Negeri 2 Girimarto diyakini dapat menanamkan keyakinan bahwa ilmu yang diserap akan lebih banyak ketika pembelajaran menggunakan internet. “Selain itu, inovasi ini dapat meningkatkan kemampuan literasi guru dan siswa,” pungkas Agus. (AD)