SELANG OK, Makanan Sehat Inovasi SMP Negeri 1 Manyaran

SMP Negeri  1 Manyaran sebagai salah satu sekolah adi wiyata nasional di Kabupaten Wonogiri memiliki keanekaragaman hayati yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan jenis tanaman yang tumbuh di area lingkungan sekolah. Jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang berupa tanaman perindang, tanaman hias, tanaman obat keluarga dan lain-lain. Dari sekian banyak tanaman tersebut adalah tanaman bunga Asoka yang menjadi ikon di SMP Negeri 1 Manyaran yang sengaja dikembangkan baik dalam penangkaran, penanaman sampai dengan pengolahan menjadi produk yang bermanfaat. Tanaman bunga Asoka di SMP Negeri 1 Manyaran akhirnya dapat dibuat sebuah produk inovasi menjadi makanan berupa Selai Bunga Asoka yang lebih dikenal dengan nama SELANG OK pada 2019. Tanaman bunga Asoka dipilih sebagai ikon dan dikembangkan menjadi sebuah inovasi karena selain sebagai tanaman hias Asoka juga memiliki manfaat untuk dikonsumsi menjadi makanan yang lezat serta menyehatkan.

Pengembangan inovasi tanaman bunga Asoka di SMP Negeri 1 Manyaran dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler Adi Wiyata, khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah untuk menjadi sekolah yang hijau, rindang, asri dan ramah lingkungan. Setelah sekian lama kurun waktu pengembangan tanaman bunga Asoka kini saatnya untuk dapat memanfaatkan bunga Asoka tersebut untuk diolah menjadi sebuah produk yang bermanfaat. Kegiatan tersebut dimulai pada 29 Juli 2019 dibina oleh beberapa guru di SMP Negeri 1 Manyaran yaitu Fitri Uki Margi Untari, Purwasih, Ika Febriani Setyaningrum, dan Frasisca Pungki Rumaela.

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Warno, dalam kesempatan koordinasi bersama guru memberikan arahan, “Sebagai upaya implementasi program Adi Wiyata di SMP Negeri 1 Manyaran supaya bunga Asoka yang menjadi ikon sekolah kita ini untuk dapat dibuat sebuah produk unggulan yang inovatif yang dapat bermanfaat bagi internal keluarga besar SMP Negeri 1 Manyaran khususnya dan juga masyarakat secara luas pada umumnya.”

Selanjutnya Tim Pengelola dan Tim Pelaksana Inovasi SELANG OK SMP Negeri 1 Manyaran yang dikoordinatori oleh Susanto melakukan koordinasi tim dan menindaklanjuti tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam melaksanakan pengolahan bunga Asoka menjadi sebuah produk Selai Bunga Asoka di SMP Negeri 1 Manyaran. Tim bersama guru pembina ekstra kurikuler melakukan tahapan-tahapan tersebut mulai dari memanen bunga Asoka di taman sekolah, memilah atau seleksi kualitas bunga, mencuci dengan air bersih, menghaluskan dengan mesin blender, memasak adonan bunga Asoka yang telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya menggunakan peralatan yang sederhana berupa kompor gas dan panci teflon sampai dengan mengemas produk selai tersebut kedalam wadah yang siap dikonsumsi.

Melalui kegiatan inovasi tersebut, siswa sangat antusias sehingga dampak yang dapat dirasakan oleh siswa adalah dapat mengembangkan ide dan kreativitas khususnya pemanfaatan sumber daya alam biotik khususnya tanaman yang tetap harus memegang prinsip menjaga kelestarian keanekaragaman hayati serta keseimbangan alam sebagai wujud dari pelaksanaan sekolah adi wiyata. Manfaat dari inovasi ini adalah, bagi siswa dapat mengembangkan kreativitas dan idenya, bagi masyarakat dapat menambah pengetahun dan wawasan dalam memanfaatkan bunga Asoka dan yang tidak kalah pentingnya manfaatnya adalah memberikan alternatif pengobatan berbagai penyakit seperti: hipertensi, desentri, ambeien, haid tidak teratur, peradangan dan pendarahan. (ST)