Pembelajaran dengan Permainan Rumantar

Latar belakang masalah adalah anak bosan dengan alat permainan yang monoton, anak perlu variasi Alat Permainan Edukatif (APE) untuk kegiatan pembelajaran dan banyaknya barang bekas yang tidak digunakan.

Permainan Rumantar merupakan permainan dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) yang menyenangkan. Rumantar merupakan istilah kependekan dari Rumah Anak Pintar. Istilah ini dibuat guru dengan maksud bahwa pendidikan pada setiap insan dimulai dari rumah.  Anak mendapat pendidikan yang pertama dan utama diawali dari rumah. Rumantar ini terdiri dari ruangan-ruangan yang dapat dimainkan dengan menyenangkan sesuai dengan usia anak. Rumantar dapat dibuat oleh guru dengan menggunakan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Bahan dasar dari rumantar ini adalah kardus bekas dan tutup botol minuman. Rumantar merupakan APE sederhana tetapi dapat mengembangkan semua bidang pengembangan yang ada di TK dan merupakan APE menyenangkan bagi anak. Penggunaannyapun juga sangat mudah dan dengan cara memainkannya sesuai dengan prinsip mengajar di TK yaitu bermain sambil belajar.

Rumantar terdiri dari beberapa ruangan-ruangan yang dapat dimainkan sesuai dengan jenis ruangan yaitu ruang bercerita, ruang pengenalan waktu, ruang mengelompokkan bentuk, ruang lotto, ruang seni, ruang pola bentuk, ruang bilangan, ruang mengenal huruf, ruang mazze, atap membilang, atap penjumlahan dan pengurangan.

Penulis: Dian Ekawati, S.Pd.AUD., M.Pd, Kepala TK Negeri Kecamatan Paranggupito, Mangampu di TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno

Prestasi: Finalis lomba PTK provinsi th 2015, Juara 2 kab karya ilmiah PTK th 2016, Juara 2 kab guru berprestasi th 2017, Menulis 2 buku antologi dan 1 karya buku “melatih bicara anak”

Download Artikel Lengkap : [klik di sini]