Pembelajaran Berbasis BERSMEDI Pada Ekstrakurikuler Pramuka

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat mendukung dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan karakter siswa. Pendidikan karakter tersaji banyak dalam kegiatan Pramuka, pendidikan karakter tertuang dalam dasadharma. Menumbuhkan motivasi siswa mengikuti kegiatan Pramuka merupakan salah satu upaya meningkatkan pendidikan karakter. Salah satu caranya dengan pemanfaatan media digital dalam kegiatan Pramuka.

Amrih Mulat Arif Asriyanto, guru di SDN 2 Jatirejo, Jatiroto menggunakan media digital dalam kegiatan pramuka di pangkalannya. Penggunaan media ini bertujuan menarik minat siswa dalam kegiatan pramuka sehingga pembiasaan pendidikan karakter akan mudah dilaksanakan. Kegiatan pramuka tersebut ditulis dalam artikel dengan judul “Penguatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang dengan Pembelajaran Berbasis Bersmedi pada Siswa SDN 2 Jatirejo”. Artikel tersebut juga berhasil lolos seleksi untuk di paparkan dalam Seminar Nasional 1 tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di hotel Atria Gading Serpong, Tangerang.

Bersmedi yang diterapkan dalam kegiatan pramuka adalah singkatan dari bermain bersama media digital. Siswa dalam kegiatan pramuka diajak guru bermain menggunakan media digital seperti android maupun laptop. Permainan yang digunakan berupa kuis online menggunakan Kahoot dimana pertanyaannya adalah materi kepramukaan yang sedang dipelajari. Siswa sangat bersemangat mengikuti kuis ini dikarenakan mereka akan berusaha memenangkan permainan. Bersmedi ini sangat efektif dalam upaya meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka.

 

Artikel Lengkap: [klik di sini]