Media KALIBERKUON Tingkatkan Pemahaman Siswa

Latar belakang inovasi pembelajaran  ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman siswa kelas VI SDN 2 Jatirejo menggunakan media Kaliberkuon. Desain inovasi pembelajaran adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta dilakukan pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Jatirejo tahun pelajaran 2018/2019. Penerapan media Kaliberkuon dalam pembelajaran menjadikan minat belajar siswa mengalami peningkatan dari semula kategori sedang menjadi kategori tinggi pada siklus I dan siklus II. Tidak hanya itu, hasil belajar siswa semula rata-rata nilai 56,32 dengan ketuntasan hanya 36,8% kemudian meningkat menjadi 66,8 dengan ketuntasan 84,2 % pada siklus I dan 70,5 dengan ketuntasan 100% pada siklus II. Oleh karena itu, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Kaliberkuon dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas VI SDN 2 Jatirejo sehingga disarankan bagi para guru untuk menggunakan model pembelajaran tersebut untuk memecahkan masalah yang berkaitan pemahaman konsep.

Media kaliberkuon adalah kertas lipat berpola dan kuis online. Kertas lipat berpola disini merupakan sebuah kertas lipat yang telah diberi pola garis lipatan sehingga membentuk empat sisi lipatan. Pada setiap lipatan diisi kata kunci yang akan menjadi bahan diskusi siswa. Kuis online merupakan permainan kuis berbasis dalam jaringan yang bisa dimainkan dengan menggunakan laptop maupun android. Kuis online yang digunakan adalah Kahoot.

 

Artikel Lengkap: [klik di sini]