Kreasiku Saat Pandemi Covid-19

Dengan adanya himbauan WFH (Work From Home) untuk guru dalam mengantisipasi penularan Covid 19 atau Virus Corona. Maka dari bulan Maret 2020 sampai dengan April 2020 guru di TK Negeri Kecamatan Paranggupito (Sekolah Induk) dan guru di TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno (Sekolah Pengampuan) melakukan pelatihan kreatifitas guru PAUD yaitu kreasi pembuatan karya yang dilakukan di rumah masing-masing.

Langkah kegiatan berupa Kepala Sekolah memberikan tugas kepada guru-guru untuk menyelesaikan administrasi pembelajaran yang masih tertunda. Kepala Sekolah juga memberikan tugas kepada guru selama WFH untuk menciptakan kreasi dari barang-barang bekas. Kreasi tidak dibatasi. Kreasi yang dihasilkan berupa Alat Permainan Edukatif dan juga kreasi yang lain. Hasil karya yang dikerjakan guru selama di rumah pada saat guru tersebut mendapat giliran masuk kerja hasil karya di bawa ke Sekolah.

Alat dan bahan yang digunakan sangatlah mudah yaitu: Gunting, kater, penggaris, spidol, lem, kertas bekas, sterofom, kertas kokoru, botol air mineral, kardus yang sudah tidak terpakai, koran bekas, ranting pohon
Hasil dan dampak dari kegiatan ini Guru termotivasi untuk menciptakan karya-karya yang indah, Guru memiliki perbendaharaan karya-karya yang indah. Guru tergali kemampuan kreativitasnya dengan menciptakan suatu karya.
Saran dari kegiatan ini adalah guru lebih banyak menggunakan bahan dari barang-barang bekas yang mudah didapat di lingkungan sekitar.

Artikel lengkap : [klik di sini]

Penulis:

Dian Ekawati. S.Pd.AUD., M.Pd.

Kepala TK Negeri Kecamatan Paranggupito

Mengampu di TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno