Kadokobio Tingkatkan Hasil Uji Coba UN dan Aktivitas Belajar Siswa

Sugiyanti, S. Pd, M.M., guru IPA senior di SMP Negeri 1 Selogiri, tak pernah lelah untuk selalu berkarya. Beberapa prestasi telah didapatkan baik tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Salah satu karyanya menjadi finalis lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2017 di Bali  berupa media pembelajaran yang dinamakan Kadokobio.

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil uji coba Ujian Nasional yang telah dilaksanakan beberapa kali pada bidang IPA khususnya biologi, aktivitas siswa rendah dan siswa bosan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil Uji Coba UN Biologi dan aktivitas belajar siswa melalui pemanfaatan kadokobio.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri  dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX E, F, G, H yang terdiri dari IXE 28 siswa, IXF 30 siswa, IXG 30 siswa, IXH 21 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 baik untuk hasil Uji Coba UN Biologi dan aktivitas belajar.

Media pembelajajaran yang digunakan adalah Kadokobio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan Kadokobio hasil Uji Coba UN Biologi dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan.

 

Karya lengkap:  [unduh di sini]