Bungkus Makanan Tingkatkan Pemahaman Teks Prosedur

Pagi itu siswa-siswi keas VII A SMP Negeri 7 Wonogiri membawa berbagai bungkus makanan. Mereka bukannya membawa sampah ke sekolah, namun bungkus makanan itu ternyata akan digunakan sebagai sumber belajar  teks prosedur. Teks prosedur merupakan salah satu materi pembelajaran yang ada di kelas VII semester 1 pada Kompetensi dasar 3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dan lain-lain) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai adalah siswa mampu mengidentifikasi teks prosedur dengan menemukan ciri umum dari teks prosedur.

Mengapa anak-anak saya minta membawa bungkus makanan? Karena bungkus makanan

merupakan contoh teks prosedur. Di sana terdapat cara pembuatan ataupun cara penyajian. Harapannya, dengan mengamati dan menganalisis langsung bungkus-bungkus tersebut, maka siswa akan menemukan sendiri ciri umum dari teks prosedur. Kalau siswa telah menemukan sendiri konsep tersebut, maka pemahaman akan teks prosedur akan melekat awet di otak siswa sampai kapan pun.

Langkah-langkah pembelajarannya….

 

Penulis:

Rina Istiqomah Kustanti, M.Pd.

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 7 Wonogiri

 

Download Artikel Lengkap: [klik di sini]