Alat Peraga Struktur Tubuh Tumbuhan Berbasis Paquis

Struktur tubuh tumbuhan adalah salah satu materi yang dipelajari di kelas VIII SMP. Pada materi ini, siswa mengamati struktur tubuh tumbuhan secara langsung menggunakan mikroskop. Masalah yang muncul adalah belum tercapainya indikator membandingkan dan membedakan jaringan dasar penyusun akar dan batang tumbuhan.

Ketidaktercapaian indikator tersebut disebabkan karena kurang terampil dalam pengamatan mikroskop, mikroskop tidak terhubung dengan LED, jumlah mikroskop yang tidak memadai, pengamatan tidak cermat, dan struktur jaringan tumbuhan tampak rumit bagi siswa. Solusi bagi guru adalah menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah cara membuat media/alat peraga struktur tubuh tumbuhan dengan menggunakan kertas paper quiling dan sedotan, dan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga struktur tubuh tumbuhan berbasis paquis (paper quiling and straw) mampu meningkatkan pemahaman materi struktur tubuh tumbuhan. Siswa dianggap memahami materi dengan baik bila mencapai nilai KKM (76).

Alat peraga ini merupakan best practice yang dilaksanakan pada kelas VIII F, G dan H SMP Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini menghasilkan alat peraga struktur tubuh tumbuhan dari paper quilling tight coil, sedotan dan barang bekas. Alat peraga ini mampu meningkatkan pemahaman siswa  kelas 8F dari 15,7% menjadi 93,75%, kelas 8G dari 19,4% menjadi 64,51% dan pada kelas 8H dari 16,7% menjadi 93,33%. Kesimpulannya adalah alat peraga berbasis paguis mampu meningkatkan pemahaman siswa materi struktur tubuh tumbuhan.

 

 

Nur Widhi Hastuti, S.Pd, SMP Negeri 2 Wonogiri
FINALIS INOBEL TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

 

Artikel lengkap: ALAT PERAGA STRUKTUR TUBUH TUMBUHAN BERBASIS PAQUIS