Berlangsung Darling, Rakor Piloting Sekolah Digital Sukses Digelar

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri sukses menggelar Rapat Koordinasi Piloting Sekolah Digital, Sabtu (27/2/2021). Kegiatan ini diadakan dengan moda darling, yaitu kombinasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Kegiatan luring bertempat di SMP Negeri 1 Ngadirojo, selanjutnya dihubungkan secara  daring dengan meeting Microsoft Teams.

Rapat koordinasi ini membahas perkembangan piloting sekolah digital yang saat ini diprogramkan di 5 SMP, yaitu SMP Negeri 1 Ngadirojo, SMP Negeri 1 Manyaran, SMP Negeri 1 Tirtomoyo, SMP Negeri 1 Girimarto, dan SMP Negeri 1 Bulukerto. Berbagai kendala yang dihadapai turut dibahas di forum ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, hadir di kegiatan ini. Kehadiran Kadinas P dan K didampingi oleh Kepala Bidang  Pendidikan Dasar, Kepala Bidang PTK, Kasi PTK SMP, dan sejumlah pengawas. Kepala SMP piloting sekolah digital hadir bersama koordinator program sekolah digital masing-masing. Selain itu, rapat koordinasi ini juga dihadir Yuche Yahya Sukaca selaku Microsoft Partner serta Agus Dwianto selaku Koordinator Bidang Pengembangan Website dan Editorial Reportase TPKPP Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini berlangsung interaktif. Ketua MKKS SMP Kabupaten Wonogiri, Hartanto, membuka acara sekaligus memoderatori kegiatan ini. Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan Kepala Bidang PTK, Retno Puspito Rini. Selanjutnya masing-masing kepala sekolah piloting memberikan paparan implementasi sekolah digital. Microsoft Partner, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, para pengawas, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menanggapi paparan serta memberikan arahan untuk kelancaran program ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  pada kesempatan ini memohon dukungan kepada semua pihak untuk kelancaran program sekolah digital. “Fitur-fitur yang ada di program sekolah digital ini silakan nantinya dipelajari melalui bintek. Saatnya sekolah-sekolah kita berkembang berbasis e-school,” tegas Yuli Bangun Nursanti. (AD)