Belajar Bersama Sambirejo Dua

Rabu, 22 Desember 2021 bertepatan dengan Hari Ibu. SDN 2 Sambirejo Kecamatan Slogohimo kembali menggelar kegiatan belajar bersama. Kali ini mengambil tema “Membuat Desain Grafis Menggunakan Canva”. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat memanfaatkan Aplikasi Canva untuk membuat logo, flyer, poster, katalog produk, dll. Termasuk media yang menunjang pembelajaran.

Belajar bersama ini diikuti oleh 8 peserta dari warga SDN 2 Sambirejo dan 30 orang dari isntansi lain. Panitia sengaja memberikan batasan peserta,mengingat keterbatasan tempat yang disediakan. Meski demikian peserta sangat beragam mulai dari guru PAUD, TK, SD, dan kepala sekolah. Bahkan tidak sedikit dijumpai peserta dari Bulukerto, Purwantoro dan Kismantoro.

Uyik Suyanto selaku narasumber sekaligus kepala SDN 2 Sambirejo memulai kegiatan pada pukul 09.30. Di awal kegiatan beliau menyampaikan hal-hal yang mendasari sinau bareng ini. Bahwa kegiatan ini bermula dari kegiatan IHT yang sering dilakukan dan hanya melibatkan warga SDN 2 Sambirejo. Seiring berjalannya waktu beliau memiliki inisiatif untuk mencoba menyampaikan informasi pada rekan guru yang lain, dan Alhamdulillah responnya sangat luar biasa. Meski peserta dibatasi 30, namun masih banyak yang meminta untuk tetap diberikan kesempatan belajar bersama.

Selanjutnya, tanpa banyak teori beliau langsung membimbing para peserta membuat poster yang sesuai dengan event saat ini, yakni poster hari ibu. Para peserta cukup antusias memperhatikan dan mengikuti langkah demi langkah. Hasilnya langsung dapat dinikmati dan dipublish di grup WA. Setelah peserta menyelesaikan tugas perdana sekaligus belajar bagaiman edit teks, variasi baground, elemen dan mengubah foto. Peserta diberikan kesempatan untuk brekspresi dengan membuat desain grafis bebas. Banyak dari peserta yang membuat katalog produk dan iklan sebagai bahan belajar.

Diakhir kegiatan pria yang akrab disapa Uyik ini memberikan simpulan dan refleksi. Banyak dari peserta yang mensuport kegiatan ini, bahkan mereka berharap di waktu yang akan datang diadakan lagi pelatihan semisal. Pelatihan sederhana, waktu relatif singkat, hasilnya nyata dan gratis. Uyik pun berjanji di bulan Januari nanti akan kembali mengadakan sinau bareng  dengan materi yang tidak kalah menariknya.