Batuwarno Virtual di Masa New Normal

Forum KKG SD dan KKKS Kecamatan Batuwarno mengadakan virtual conference untuk ke tiga kalinya pada hari Kamis, 18 Juni 2020. Walaupun pemerintah sudah mencanangkan New Normal dan Kecamatan Batuwarno berada di zona hijau yang memungkinkan kegiatan tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun demi menjaga segala kemungkinan yang terjadi maka kegiatan KKG SD dan KKKS tetap dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan virtual conference dimulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dengan Host, Sri Endah Setyawati, S.Pd.SD, guru SD Negeri 1 Tegiri dan Moderator Istanto, S.Pd, Kepala SD Negeri 2 Sumberejo. Materi pada kegiatan vicon kali ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)” dengan narasumber Pengawas TK Kecamatan Batuwarno, Imam Susilo, S.Pd., M.Pd. Acara vicon ini dalam pengawasan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Batuwarno, Sunardi, S.Pd,.M.Pd. Para guru di Kecamatan Batuwarno sangat bersemangat mengikuti vicon ini mengingat PTK menjadi hal penting dalam pembelajaran. Ratusan guru hadir secara virtual dalam acara ini. Sinyal masih menjadi kendala utama tetapi tidak menyurutkan semangat untuk berpartisipasi. Aktivitas nonton bareng atau join bareng tetap dilakukan.

Meteri yang disampaikan juga membahas metode belajar yang sangat cocok untuk diterapkan pada kondisi saat ini. Sesulit apapun masalah yang dihadapi guru dalam mengajar jangan sampai tidak menemukan solusinya. Pemecahannya dapat dilakukan bersama-sama, itulah pentingnya KKG dan KKKS tetap menjaga keharmonisan komunikasi melalui virtual conference di tengah merebaknya virus Covid-19. Koordinator KKG Gugus Diponegoro, Didik Suharmoko, S.Pd, Koordinator KKG Gugus Ronggowarsito, Wirid Supriyanto, S.Pd dengan Ketua KKKS, Subagyo, S.Pd selalu memberikan semangat untuk bergotong royong memajukan pendidikan di Kecamatan Batuwarno.

Kualitas sumber daya manusia sangat berpengaruh pada kemajuan suatu wilayah. Negara kita sedang dirundung duka dengan meluasnya cluster penyebaran Covid-19. Tatanan kehidupan harus berubah, aktivitas pendidikan juga harus beradaptasi dan bertransformasi menghadapi kondisi saat ini. Pembelajaran daring menjadi pilihan demi keamanan para peserta didik. Guru harus siap, Guru harus semangat, Guru tidak boleh menyerah, dan Guru harus terus belajar untuk membelajarkan demi Indonesia hebat.