Asyiknya Pembelajaran Daring Bilangan Bulat

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diamanatkan oleh pemerintah menjadi tantangan baru di masa pandemi ini. Hal ini dilakukan untuk menekan penularan COVID-19 yang saat ini masih tinggi. Ada banyak metode yang bisa kita terapkan untuk menghadapinya. Salah satu upaya yang ditempuh oleh Forum KKG Kecamatan Purwantoro untuk mendukung kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) melalui kegiatan pembelajaran daring.

Selain pelaksanaan pembelajaran secara daring, Forum KKG Kecamatan Purwantoro juga menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara daring menggunakan aplikasi Microsoft Teams (Kamis, 30 Juli 2020). Kegiatan ini diikuti oleh guru kelas dan para siswa kelas 6 se-Kecamatan Purwantoro dengan jumlah peserta yang masuk dalam meeting room sebanyak 120 orang. Namun demikian, kegiatan meeting perdana tersebut masih menghadapi banyak kendala terkait koneksi internet.

Materi tentang Pembelajaran Daring Operasi Bilangan Bulat dipaparkan oleh narasumber, Dahlia Parmasari, S.Pd dari SD Negeri 2 Sukomangu. Pemilihan materi tersebut dilatarbelakangi bahwa mata pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Terlebih pada situasi PJJ seperti ini, untuk menyampaikan materi pelajaran Matematika tentunya banyak kendala yang dihadapi dibandingkan dengan pola pembelajaran secara langsung atau tatap muka.

Penyampaian materi diawali dengan penjelasan tentang konsep yang berkaitan dengan bilangan bulat yang disajikan langkah-langkah atau prosedur yang tepat untuk siswa. Penggunaan media pembelajaran pada pelajaran Matematika juga sangat menarik, sehingga diharapkan siswa lebih mudah menerima konsep pembelajaran yang diberikan.

Dahlia Parmasari, S.Pd selaku pemateri juga mendemontrasikan pembelajaran Operasi Bilangan Bulat secara daring dengan melibatkan siswa. Disela-sela kegiatan pembelajaran juga ada hiburan untuk mengurangi kebosanan siswa. Mereka diajak menyanyi lagu dolanan bergantian. Para siswa merasa senang karena meski pembelajaran daring suasana masih seperti di dalam kelas.

Suasana kegiatan Forum KKG Kecamatan Purwantoro melalui Microsoft Teams tersebut terasa makin hidup karena terjadi komunikasi yang interaktif antara narasumber, moderator dan siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta yang sangat antusias. Selain mendapat ilmu pengetahuan, mereka juga mengalami suasana baru karena diajar oleh guru lain. Bagi siswa yang aktif akan mendapat doorprize di akhir acara. Sebanyak 5 siswa berhasil mendapatkan doorprize. Sebenarnya masih banyak lagi yang mau bertanya tetapi karena keterbatasan waktu sesi tanya jawab diakhiri.  Pihak penyelenggara meeting juga membagikan link video hasil rekaman kegiatan daring sebagai pendukung laporan, selain itu para guru dapat memutar ulang untuk mendalami materi kegiatan yang telah dipaparkan narasumber serta. Adapun link video pembelajaran daring sebagai berikut : https://s.id/rekaman_daring_mat.

Di akhir sesi kegiatan, sebagai penutup ada penguatan dari moderator dengan menyampaikan pesan-pesan yang positif untuk siswa. Diantaranya untuk selalu menjaga kesehatan, banyak berdoa agar pandemi segera berlalu, tetap tinggal di rumah, dan tidak patah semangat untuk belajar. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. Kita sebagai pendidik untuk selalu semangat dalam  bekerja apapun dan bagaimanapun keadaanya. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”(QS.Ar-Ra’d:11).