Aplikasi E Raport Part 2

Meneruskan pertemuan sebelumnya tentang E-rapor yang belum selesai, KKG gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri mengadakan kegiatan rutin dengan mengambil tema Aplikasi E-rapor part 2. Pelaksanaannya dilakukan secara daring menggunakan Microsoft Teams dengan fokus materi tentang Penggunaan Perangkat Lunak E-rapor login sebagai guru dan wali kelas. Sesuai dengan agenda, pelaksanaan kegiatan pada hari Rabu, 24 Februari 2021. Niken Novitasari guru SDN 2 Giripurwo sebagai host pada kegiatan kali ini mengawali kegiatan dengan menyapa peserta dan menyampaikan tata tertib selama bergabung dalam Microsoft Teams pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya Dwi Sriyatni Guru SDN 1 Wonokarto bertugas sebagai moderator menyampaikan susunan acara dan memperkenalkan narasumber kegiatan ini. Adapun narasumber kali ini adalah Handrian Ihsan Aditya Guru SDN 2 Giripurwo.

Kegiatan KKG Gugus Anggrek ini diikuti kurang lebih 40 peserta sesuai daftar hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu peserta mampu menggunakan perangkat lunak E-rapor khususnya sebagai guru dan wali kelas. Disampaikan oleh narasumber bahwa pengisian sebagai guru dan wali kelas berbeda dalam E-rapor. Ketika login sebagai guru beberapa hal yang harus dilakukan adalah memilih kurikulum yang digunakan, membuat rencana penilaian, input nilai, dll. Ketika login sebagai wali kelas beberapa hal yang dilakukan adalah menginput kehadiran siswa, menuliskan catatan-catatan siswa, mencetak rapor, dll. Dalam kegiatan ini juga disampaikan cara mengganti logo sekolah pada cover E-Rapor

Semangat dan antusias peserta KKG terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya. Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan maupun agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan. Semoga semangat kebersamaan melalui kegiatan KKG ini kedepan semakin baik untuk peningkatan mutu pendidikan.