Antusias Guru IPA Sukseskan KKG Paket 2  MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 04 Jatisrono sukses menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara daring dengan menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu, 24 April 2021. Kegiatan ini merupakan lanjutan KKG pertemuan sebelumnya. Kegiatan ini  dihadiri guru IPA di Subrayon 04 Jatisrono sebanyak 47 orang. Narasumber kegiatan ini adalah  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04, Winarno yang juga merupakan Kepala SMPN 3 Satap Jatiroto dan dipandu oleh Deny Iwan Saputro,  guru SMP Negeri 1 Sidoharjo selaku host dan Giyadi dari SMPN 2 Jatisrono sebagai moderator. Kegiatan KKG ini diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan sambutan dari Ketua MGMP Subrayon 04 Jatisrono, Agung Widodo dari SMPN 3 Jatisrono menyampaikan  pentingnya merencanakan penilaian dalam pembelajaran guna mengoptimalkan pelayanan kita terhadap anak didik baik di masa pandemi ini maupun di masa normal. Oleh karena itu beliau mengharapkan kepada seluruh peserta KKG untuk tetap mengikuti dengan sungguh-sungguh dan mensukseskan KKG Paket 2 ini walaupun dilakukan disela-sela kesibukan guru  dalam banyak kegiatan seperti Ujian Sekolah, Persiapan PTM juga kegiatan lain yang dilakukan secara bersamaan.

Winarno, selaku  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono memberikan himbauan dan ajakan agar peserta secara aktif dalam mengikuti KKG , juga bagi ASN dihimbau setidaknya dalam masa pandemi ini ditunjukkan dengan bisa naik pangkat. Selain itu juga, persiapan-persiapan dalam melaksanakan proses pembelajaran sangatlah perlu direncanakan termasuk didalamnya perencanaan penilaian dalam pembelajaran sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran baik di masa pandemi ( PJJ ) maupun secara normal dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Winarno, selaku narasumber, memaparkan materi terlebih dahulu sebelum dilakukan presentasi oleh salah satu peserta KKG dan tanya jawab, beliau memaparkan materi penilaian dengan gamblang dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan juga penilaian keterampilan. Beliau menekankan bahwa guru wajib mahir dalam merencanakan penilaian dalam pembelajaran, karena itu salah satu cara guru memanifestasikan pelayanan optimal kepada peserta didik. Menurutnya, ada 3 (tiga) fungsi penilaian hasil belajar oleh pendidik yaitu memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Oleh karena itu beliau juga berharap agar guru bisa seobjektif mungkin dalam melakukan penilaian, baik dalam penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan, sehingga sangat penting bagi guru dalam melakukan perencanaan penilaian sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setelah paparan materi selesai maka dilanjutkan presentasi hasil penyusunan perencanaan penilaian dari peserta KKG. Presentasi dilakukan oleh Desika Putri Nuswantara dari SMPN 1 Jatipurno. Beberapa hal yang perlu diperbaiki antara lain sebaiknya pada perencanaan penilaian sikap dilengkapi dengan penilaian diri dan penilaian antar teman, pada kartu soal dalam menyusun soal sebaiknya diawali dengan stimulus bisa berupa gambar, foto, data, narasi, ataupun stimulus lainnya disesuaikan dengan keadaan sekarang. Tanggapan / pertanyaan dari peserta KKG atas presentasi tersebut juga menambah serunya kegiatan ini diantaranya dari Tri wiyono Budi dari SMPN 4 Jatisrono mengharapkan ketegasan dalam membuat rubrik penilaian pada penilaian keterampilan, Agata Margareti dari SMPN 1 Jatipurno yang menanyakan cara melaporkan penilaian sikap serta Sudirman dari SMPN 1 Jatisrono yang memberikan penguatan dalam memberikan pedoman penskoran agar jelas / pasti sehingga mengurangi subjektifitas guru terhadap peserta didik dalam memberikan penilaian. Setelah kegiatan ini selesai ditutup dengan closing statement dari narasumber , pengumuman dari ketua MGMP Subrayon 04 Jatisrono kaitannya dengan kegiatan KKG berikutnya dan foto bersama dari semua peserta KKG dengan membuka kamera masing masing.