Akhiri Diklat, Kreasi 01 Wonogiri Laksanakan Diseminasi

Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 (Kreasi 01 Wonogiri), menggelar In Servis 3 Diklat Fungsional Ragam Laporan Penelitian untuk Penilaian Angka Kredit (PAK), Sabtu 5 Februari 2022. Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan Microsoft Teams serta ditayangkan melalui streaming youtube di chanel kreasi 01 Wonogiri. Pukul 09.00 WIB kegiatan dipandu oleh Ningtyas Kusumastuti, dari SMP Negeri 4 Wonogiri sebagai host dan Herma Rusdianawati, dari SMP Negeri 1 Ngadirojo sebagai moderator. Dari 444 peserta yang mengikuti diklat, panitia memilih 3 perwaklian peserta untuk melakukan diseminasi.

Diklat diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan oleh sambutan ketua panitia Rahayu Widayanti dari SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang menyampaikan pelaksanaan Inservis 1 dan 2 berjalan lancar dan panitia telah mendokumentasikan kegiatan di kelas Teams dan Google Classroom berupa adminstrasi dan tugas peserta. Seluruh panitia mengucapkan terima kasih atas antusias peserta diklat yang dibuktikan dengan umpan balik dan diskusi dari peserta. Pada kegiatan diklat ini panitia memberikan apresiasi reward atas keaktifan 11 peserta yaitu Sapto Priyono, Nuriah Haleyda, Endang Susilowati, Maryanto, Siti Aisyah, Dwi Tugaswati, Supadmini, Titin Yuliantini, Soeharmani, Suyanto, Rina Istiqomah. Produk diklat adalah action plan yang harus di kirim oleh seluruh peserta untuk mendapatkan e-sertifikat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Agenda dan kegiatan Tim Kreatif Subrayon 01 berikutnya bisa di akses di website kreasi.

Acara diseminasi yang dipandu oleh moderator. Yang pertama oleh Soeharmani dari TK Negeri Pembina Ngadirojo yang memaparkan action plan penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Mengurutkan Benda dengan Metode Bermain Bagi Anak Didik Kelompok B TK Negeri Pembina Ngadirojo Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Dilanjutkan Suyanto dari SD Negeri 2 Sambirejo, penelitian Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Melakukan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 melalui IHT di SDN 2 Sambirejo Tahun 2021/2022. Diseminasi terakhir oleh Rina Istiqomah dari SMP Negeri 7 Wonogiri dengan judul Aspek Moral dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih 1 Karya Habiburrahman El Shirazy Tinjauan Sosiologi Sastra. Ketiga peserta diseminasai menyampikan karyanya dengan sangat baik.

Acara selanjutnya sambutan dan motivasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti, beliau menyampaikan visi Pendidikan Indonesia yaitu Mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Beliau juga menyampaikan Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Organisasai Penggerak (POP) , Program Guru Penggerak (PGP) yang memiliki tujuan utama mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan menjadikan guru seperti semboyan Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani.

Acara dilanjutkan review diseminasi oleh Analis SDM Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Tarmo. Peserta mendapatkan masukan dan saran dari narasumber agar laporan penelitian yang dilakukan sesuai pedoman PKB.