“Administrasi PJJ” Kegiatan KKKS & FKKG Kecamatan Ngadirojo

KKKS dan FKKG Kecamatan Ngadirojo pada hari Rabu (10/2/2021) mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) melalui aplikasi Microsoft Team. Pertemuan Kelompok Kerja Guru ini diikuti oleh Guru Kelas, Guru PAI dan Guru PJOK se-Kecamatan Ngadirojo. Dengan masih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Wonogiri  maka pertemuan KKS & KKG masih dilaksanakan secara virtual.

Narasumber pertama pada kegiatan KKG virtual ini adalah Dra. Suharti, M.Pd dari Korwilcam Bidik Ngadirojo dan narasumber kedua adalah Ike Kuswardani,S.Pd.SD dari SDN 1 Ngadirojo. Kegiatan ini dipandu oleh Dwi Yani Indah Hermawati, S.Pd. sebagai moderator. Tema yang dibahas pada KKG ini adalah Administrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dimana pendidik harus menyusun dan membuat perangkat pembelajaran.

Sambutan pertama yaitu Bapak Mulyadi,S.Pd selaku Ketua KKKS Kecamatan Ngadirojo , Beliau menyampaikan himbauan kepada  Bapak/Ibu Kepala Sekolah selaku manajer di sekolah senantiasa menggerakkan Bapak/ Ibu Guru untuk selalu bisa mengikuti kegiatan ini. Beliau juga memotivasi Guru Kelas, Guru PAI dan Guru PJOK baik PNS maupun Non PNS untuk senantiasa menjalankan tugas pokok dengan sebaik-baiknya dan penuh semangat.

Acara selanjutnya yaitu acara inti, moderator mempersilahkan kepada Narasumber pertama yaitu Ibu Dra. Suharti,M.Pd dari Korwilcam Bidik Ngadirojo untuk memberikan materi. Sebelum masuk materi pokok, beliau menghimbau untuk senantiasa menjaga diri masing-masing dengan selalu menerapkan hidup sehat karena di masa pendemi sekarang ini kesehatan dan keselamatan diri adalah prioritas utama. Perangkat pembelajaran merupakan hal penting yang harus dibuat dan disusun oleh seorang guru di masing-masing kelas, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kondisi saat ini pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh maka dari itu dalam penyusunan perangkat pembelajaran dari prota, promes, silabus, RPP, perangkat penilaian, buku presensi siswa dan mutasi, serta administrasi lain yang menunjang KBM harus dibuat dan disesuaikan keadaan saat ini.

Narasumber kedua adalah Ibu Ike Kuswardani,S.Pd.SD Guru Kelas 6 dari SDN 1 Ngadirojo, beliau juga penggerak dan tim pengembang perangkat pembelajaran di tingkat kabupaten. Dalam penyusunan RPP harus disesuaikan dengan kondisi kelas masing-masing, banyak metode dan aplikasi yang digunakan oleh guru seperti Kaizala, Microsoft Team, Zoom, Whatsap dsb. Format RPP pada dasarnya masih sama berisi judul, identitas, tujuan, langkah dan penilaian pembelajaran, namun dalam pembuatannya tidak serumit dahulu cukup dengan satu lembar kita dapat merencanakan pembelajaran. Beliau juga menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri memberikan fasilitas portal pembelajaran yang berisi perangkat pembelajaran pada link  https://portal.dinaspdank.wonogirikab.go.id/ . Tujuan penyediaan portal pembelajaran adalah Pertama menyediakan perangkat pembelajaran ideal bagi guru, Kedua memudahkan guru mendapat materi ajar dan media pembelajaran, Ketiga memberikan alternatif metode mengajar di masa PJJ, dan Keempat menyamakan konsep perangkat pembelajaran yang ideal.

Di akhir sesi, dua host yaitu Bapak Jatus Hadi Prabowo,M.Pd. dan Bowo Riwoyo, M.Pd. memberikan kuis kepada peserta berkaitan dengan materi pada hari ini sehingga kegiatan KKG berjalan dengan penuh semangat. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang baik, sehingga mewujudkan pendidikan di Indonesia khususnya di Ngadirojo menjadi lebih maju dan menghantarkan siswa-siswi menuju gerbang kesuksesan