MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno Akhiri KKG  

Kegiatan Kolektif Guru paket 3 yang diselenggarakan oleh MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno telah memasuki pertemuan terakhir dengan materi “Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran”. Pertemuan ini mundur satu minggu dari waktu yang telah diagendakan pengurus. Hal ini karena berbagai kesibukan pengurus serta guru, karena masih dalam suasana lebaran. Masih di tengah kesibukan, akhirnya pertemuan ketiga KKG paket 3 berhasil dilaksanakan (Kamis, 27 Mei 2021). Keantusiasan peserta masih tampak hingga pertemuan terakhir ini.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, dengan moderator Darmo Nugroho. Setelah dibuka dengan doa, kegiatan dilanjutkan sambutan oleh Ketua MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno, Nurcholis Sidiq. Karena masih dalam suasana lebaran, dalam sambutannya Nurcholis mengucapkan selamat hari raya Idulfitri sekaligus memohon maaf atas segala kekurangan yang dilakukan pengurus selama penyelenggaraan KKG. Pada kegiatan tersebut juga disampaikan agar para guru tetap bersemangat mengikuti KKG walaupun di tengah kesibukan.

Usai sambutan, masuk acara inti. Sedianya acara inti diisi dengan presentasi hasil karya para guru, yaitu penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Namun karena masih banyak kesulitan yang ditemui para guru, terutama yang sudah mendekati usia pensiun, maka acara inti diisi dengan praktik yang dipandu langsung oleh Kavinji. Kesulitan yang ditemui para guru langsung disampaikan sehingga langsung mendapatkan solusi. Acara inti berjalan cukup interaktif karena komunikasi berjalan dua arah. Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan presentasi mengerjakan kuis menggunakan aplikasi quizizz. Kuis yang dipresentasikan merupakan hasil praktik yang baru saja dilakukannya.

Kegiatan diakhiri dengan closing dari Kavinji. Dalam closingnya, Kavinji menyampaikan pentingnya menguasai berbagai media pembelajaran. Selain untuk mengurangi tingkat kebosanan peserta didik, penguasaan berbagai media pembelajaran juga bisa digunakan untuk penulisan karya ilmiah seperti PTK, best practice, artikel ilmiah, atau karya lainnya. Berbagai karya ilmiah tersebut bisa digunakan untuk penilaian PAK tahunan, sehingga diharapkan para guru bisa naik pangkat tepat waktu. Beliau juga menyampaikan bahwa faktor yang menghambat kemajuan seseorang adalah dirinya sendiri.